Latar Belakang :

Green Industry adalah suatu konsep dimana suatu industri dalam proses produksinya mengutamakan upaya efisiensi dan efektivitas penggunaan sumber daya secara berkelanjutan sehingga mampu menyelaraskan pembangunan industri dengan kelestarian fungsi lingkungan hidup. Efisiensi dan efektivitas  dalam proses produksi menjadi salah satu fokus yang dapat dikembangkan untuk mendukung green industry. Sebagai contoh Semen Indonesia sudah menerapkan konsep green industry baik dalam pengelolaan maupun pengembangan perusahaan. Perusahaan yang bergerak dalam logam dan baja, tekstil, makanan dan minuman, pulp dan kertas, tekstil, petrokimia, pupuk, glass dan keramik juga telah menerapkan konsep ini.

Rekayasa kualitas dapat mendukung perkembangan konsep green industry yang sedang diterapkan dalam perusahaan. Rekayasa kualitas dapat diartikan sebagai proses perbaikan kualitas secara terus menerus dalam perancangan produk dan proses. Rekayasa kualitas mencakup seluruh aktivitas pengendalian kualitas dalam setiap fase dari penelitian dan pengembangan produk, perancangan produksi hingga sampai pada kepuasan konsumen. Fase dalam pengendalian kualitas ini yang harus ditingkatkan untuk mencapai tujuan dari penerapan green technology. Oleh karena pentingnya rekayasa kualitas dalam mendukung konsep green industry maka mahasiswa diharapkan dapat memahami dan mengaplikasikan setiap bagian dalam rekayasa kualitas. Kegiatan Lomba Rekayasa Kualitas Nasional sebagai salah satu yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa dibidang rekayasa kualitas. Diharapkan dengan mengikuti kegiatan lomba ini mahasiswa dapat meningkatkan kompetensi dan pemahaman mereka terhadap pentingnya rekayasa kualitas dalam mendukung perkembangan green industry. Selain itu mahasiswa juga dapat membangun jejaring sosial antar perguruan tinggi di Indonesia sehingga mereka dapat saling berinteraksi dan menambah wawasan tentang rekayasa kualitas dari perguruan tinggi yang berbeda.

Tahun 2016 ini kompetisi rekayasa kualitas sudah memasuki tahun keempat dimana setiap tahun kegiatan ini dilaksanakan dengan berbagai tema yang berbeda.  Tema pada tahun ini adalah rekayasa   kualitas   dalam   mendukung   green industry.  Kompetisi sebelumnya telah sukses membawa nama harum Universitas Trisakti baik sebagai penyelenggara maupun tim mahasiswa teknik industri yang dapat bersaing dengan tim mahasiswa dari perguruan tinggi lainnya. Peserta lomba berasal dari berbagai perguruan tinggi negeri maupun swasta di Indonesia.  Pada tahun yang keempat ini diharapkan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia dapat berpartisipasi untuk meningkakan kompetensi mahasiswa dalam mendukung green industry.

Tujuan Kompetisi:

Adapun tujuan dari kegiatan kompetisi ini adalah sebagai berikut :

  • Meningkatkan kompetensi dan wawasan mahasiswa terhadap rekayasa kualitas dalam mendukung green industry.
  • Membangun jejaring sosial antar mahasiswa seluruh perguruan tinggi negeri maupun swasta di Indonesia .
  • Menerapkan rekayasa kualitas dalam green industr sehingga mahasiswa dapat lebih peduli (aware) terhadap tuntutan dalam perkembangan industri.

Peserta Kompetisi:

Seluruh mahasiswa dari perguruan tinggi di Indonesia, dengan syarat :

  • Satu tim peserta diwakili oleh tiga orang mahasiswa.
  • Satu perguruan tinggi dibatasi maksimum 2 (dua) tim
Materi Kompetisi:

ISO 9001: 2015, ISO 14001 : 2015, Cost of Quality, Quality Function Deployment,Failure Mode and Effect Analysis, Measurement System Analysis, Statistical Process Control,Design of Experiment,Acceptance Sampling, Quality Management and Planning Tools, Six Sigma, and Basic Statistics

Rujukan utama :
Montgomery, D. C. (2009). Statistical Quality Control : A Modern Introduction. 6th  ed. New York : John Wiley & Sons
George, M.L. (2002). Lean Six Sigma – Combining Six Sigma Quality with Lean Production Speed. New York :The McGraw-Hill
Bass, I. & Lawton, B. (2009). Lean Six Sigma Using SigmaXL and Minitab. New York :The McGraw-Hill

Teknis Kompitisi :

Kompetisi terdiri dari tiga tahap yakni :

  • Tahap Penyisihan
    • Penyisihan I
      Soal konsep dan perhitungan, Bersifat pilihan ganda, Peserta diperbolehkan membuka buku/ catatan.
    • Penyisihan II
      Soal uji kemampuan pemahaman studi kasus serta proses perhitungan dan interpretasi output Minitab, Peserta diperbolehkan membuka buku atau catatan, dan setiap tim diwajibkan membawa Laptop yang dilengkapi dengan MINITAB. Nilai babak penyisihan merupakan gabungan nilai penyisihan I dan II.
  • Tahap Semi Final
    • Menjawab soal dengan metode cerdas cermat
    • Memilih lima tim yang lolos ke babak final
  • Tahap Final
    • Menjawab soal studi kasus menggunakan Minitab atau Excel
    • Pemilihan Juara 1,2,3 dan Harapan 1,2

Hadiah :


TOTAL HADIAH Rp 23.000.000,-

Tim Materi dan Juri :


  • Prof. Dr. Ir. Dradjad Irianto (Insititut Teknologi Bandung)
  • Prof. Ir. Isti Surjandari, Ph.D (Universitas Indonesia)
  • Dr. Ir. Hastri sari Hardjomidjodo, DEA (Institut Pertanian Bogor)
  • Dra. Dewi Odjar Komala, MM(Deputi Bidang Informasi dan Pemasyarakatan Standardisasi BSN)
  • Prof. Ir. Syamsir Abduh, Ph.D (Masyarakat Standardisasi Indonesia/MASTAN)
  • Indryadi Hardi, ST, MT (Robere & Associates)
  • Dr. Rina Fitriana, MM (Universitas Trisakti)


Didukung oleh :










Disponsori oleh :